Sumber gambar, Getty Images

Keterangan gambar,

Pegawai hotel menerapkan protokol kesehatan yang ketat di tengah pandemi virus corona Covid-19 di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, (10/06/20).

Presiden Joko Widodo memerintahkan pengusutan tuntas atas dugaan “permainan karantina” setelah “mendengar komplain” dari beberapa warga asing. Sebelumnya seorang warga Amerika Serikat mengaku kepada BBC News Indonesia “merasa ditipu” dan “diancam dideporrtasi” sehingga harus keluar uang puluhan juta rupiah saat menjalani proses karantina setelah tiba di Indonesia.

Arahan Presiden Jokowi itu disampaikan saat memimpin Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, Senin (31/1) .

Jokowi mengingatkan agar disiplin dalam melakukan pengetatan di pintu-pintu masuk dan pelaksanaan proses karantina yang benar dari luar negeri.

“Saya masih mendengar dan ini saya minta Kapolri untuk mengusut tuntas permainan yang ada di karantina. Sudah, karena saya sudah mendengar dari beberapa orang asing komplain ke saya mengenai ini,” kata Jokowi seperti yang dimuat di laman Sekretariat Kabinet RI Selasa (1/2)