Sumber gambar, Getty Images

Martin Bashir mengatakan dia “tidak sudah ingin menyakiti” Diana, Princess of Wales, dengan ramah Panorama di tahun 1995 dan menambahkan: “Saya tak percaya kami telah melakukannya. ”

Mantan jurnalis BBC ini menggunakan tipuan untuk melakukan wawancara, patuh penyelidikan independen.

Berbicara kepada Sunday Times, Bashir mengutarakan dia “sangat menyesali” barang apa yang dilakukannya pada putra Diana, Dukes of Cambridge dan Sussex.

Mengucapkan juga:

Namun, dia menolak permintaan Pangeran William bahwa tempat telah menyulut paranoia, dan mengatakan ia memiliki ikatan yang dekat dengan Diana dan dia “menyayangi [Diana]”.

Bashir mengutarakan kepada surat kabar tersebut bahwa bahkan di mula 1990-an, ada cerita serta panggilan telepon yang direkam secara diam-diam dan dia “bukan sumber dari seluruh itu”.

Bashir mengatakan Diana tidak pernah tidak suka dengan isi wawancara kontroversial tersebut dan mengatakan itu tetap berteman setelah program itu ditayangkan.

Saat istri Bashir melahirkan anak ketiga, sang putri bahkan mengunjunginya di rumah sakit, cakap Bashir.

Keterangan gambar,

Martin Bashir mewawancarai Anak Diana untuk program Panorama pada 1995.

“Semua yang kami lakukan dalam ramah itu seperti yang tempat inginkan, dari saat tempat ingin memberi tahu bagian istana, saat wawancara tersebut disiarkan, hingga isi daripada wawancara itu, ” katanya kepada surat kabar itu.

Dia berkomentar juga bahwa dia telah menunjukkan kepada saudara Diana, Earl Spencer, pernyataan bank palsu & berkata: “Jelas saya menyesal, itu salah. Tapi itu tidak ada hubungannya secara apa pun. Itu tak ada hubungannya dengan [Diana], itu tidak ada hubungannya dengan wawancara. ”

Wawancara itu dilakukan sesudah mantan direktur jenderal BBC, Lord Hall, mengundurkan diri sebagai ketua Galeri Nasional pada Sabtu pagi, sesudah dia dikritik habis-habisan kelanjutan hasil penyelidikan tersebut.

Introduksi pekan ini, Earl Spencer mengatakan kepada Panorama kalau dia “menarik garis” antara pertemuan Bashir dan maut Diana.

Dia mengatakan kegiatan Bashir membuatnya menghentikan fasilitas keamanan kerajaan yang diterimanya.

Tetapi Bashir berkata: “Saya tidak merasa saya dapat dianggap bertanggung jawab pada banyak hal lain yang terjadi dalam hidupnya & masalah kompleks seputar kesimpulan itu.

“Saya dapat memahami motivasi [dari komentar Earl Spencer] tetapi untuk meletakkan tragedi tersebut, hubungan yang suram antara Keluarga Kerajaan & media hanya di bahu saya, terasa sedikit tidak masuk akal… Bahwa kami bertanggung jawab secara sendiri atas hal itu, menurut saya tidak masuk akal dan tidak adil. ”

Ketika ditanya apakah dia dapat memaafkan dirinya tunggal, dia dilaporkan berkata:

“Itu pertanyaan yang sangat pelik karena itu adalah kesalahan yang serius. Saya berniat orang-orang akan memberi hamba kesempatan untuk menunjukkan bahwa saya benar-benar bertobat arah apa yang terjadi. ”

Earl telah meminta Kepolisian Metropolitan untuk menyelidiki BBC.

Awal pekan ini, kepolisian mengatakan akan menilai masukan Dyson “untuk memastikan tak ada bukti baru yang signifikan”, setelah sebelumnya menetapkan untuk tidak melakukan pengkajian kriminal.

Apa yang berlaku?

Dua puluh lima tahun lalu, program Panorama hak BBC berhasil melakukan ramah dengan narasumber yang menyesatkan dicari oleh media dalam dunia: Diana, Princess of Wales. Sekarang, putranya sekaligus pewaris takhta Inggris, Pangeran William dan juga Pangeran Harry melancarkan serangan dengan belum pernah terjadi sebelumnya kepada institusi media itu atas wawancara tersebut.

Program Panorama yang ditonton oleh 23 juta orang pada Inggris itu menjadi momen yang menentukan bagi reporter Martin Bashir.

Tetapi setelah tuduhan bahwa Bashir mengecoh sang putri supaya mendapat kepercayaannya kembali menyembul tahun lalu, BBC membuka penyelidikan independen yang dipimpin oleh mantan hakim Mahkamah Agung, Lord Dyson.

Buatan penyelidikan itu menyatakan Bashir sebagai reporter yang “tidak dapat diandalkan”, “licik”, serta “tidak jujur”.

Bashir dikatakan menggunakan taktik menipu buat mendapatkan wawancara dengan Diana, kemudian berbohong kepada para manajer BBC.

Pasca penyelidikan tersebut, BBC kemudian merilis “permintaan maaf tanpa syarat” atas cara Bashir memperoleh wawancara dengan Putri Diana.

Apa yang dikatakan Dayang Diana kepada Panorama?

Wawancara yang disiarkan pada simpulan 1995 dalam program Pemandangan itu adalah berita besar bagi BBC.

Belum pernah ada sebelumnya seorang bagian kerajaan aktif yang berbahasa dengan begitu jujur di depan kamera tentang kesibukan sebagai Keluarga Kerajaan maupun hubungannya dengan bangsawan asing.

Dalam wawancara tersebut, Dayang Diana:

  • mengaku berselingkuh
  • berceloteh bahwa perselingkuhan Pangeran Charles dengan Camilla Parker Bowles (kini menjadi istrinya, dengan gelar Duchess of Cornwall) telah membuat dirinya merasakan tidak berharga
  • berujar tentang adanya “tiga orang” dalam pernikahannya
  • mengaku pernah mengidap bulimia dan menyakiti muncul sendiri
  • secara tak langsung berkata bahwa Pangeran Charles tidak akan bisa menjadi seorang raja
  • berkata bahwa staf kerajaan Pangeran Charles melakukan penentangan terhadap dirinya

Lebih dibanding 20 juta orang menonton wawancara yang mengakibatkan perbantahan besar-besaran itu.

Tak lama setelah tayangan itu mengudara, Ratu Elizabeth menulis surat kepada Pangeran Charles & Putri Diana, meminta mereka untuk bercerai.

Siapa Martin Bashir?

Pada 1995, era terungkap bahwa Bashir berhasil mendapatkan wawancara dengan Anak Diana, banyak yang terkejut. Bashir kala itu merupakan reporter junior dan tidak diketahui memiliki latar buntut atau kontak dekat secara Kerajaan Inggris.

Namun bahan bahwa Lady Diana bersedia diwawancara menutupi pertanyaan tentang bagaimana Bashir mendapat kepercayaan sang narasumber.

Beberapa tarikh setelah wawancara tersebut, Bashir bekerja untuk program ITV, Tonight With Trevor McDonald, dan sejumlah jaringan televisi di Amerika Serikat.

Tempat kembali ke Inggris di dalam 2016 dan kembali menyala untuk BBC sebagai editor di bidang keagamaan — posisi yang kemudian ditinggalkannya saat ia mengundurkan muncul karena kesehatan yang memburuk pada pertengahan Mei morat-marit.

Apa yang dikerjakan Martin Bashir?

Laporan yang disusun oleh Lord Dyson mengatakan Bashir menggunakan tipuan untuk mendapatkan wawancara dengan Diana.

Dia menunjukkan laporan rekening koran buatan kepada Earl Spencer, muda laki-laki Diana, yang seakan-akan memperlihatkan bukti pembayaran oleh sebuah surat kabar beserta dinas intelijen kepada bekas anggota stafnya untuk memonitor gerakan Putri Diana.

Tersebut, sebut laporan Lord Dyson, dilakukan Bashir untuk mendapatkan kepercayaan Earl Spencer sehingga ia mau memperkenalkan dirinya kepada Diana.

Lord Dyson mengatakan ia tidak tetap kapan persisnya “informasi” buatan itu diciptakan. Namun, pengkajian BBC menunjukkan informasi perkara rekening koran itu dibuat tak lama setelah pertemuan pertama Spencer dan Bashir.

Bashir mengakui bahwa rekening koran abal-abal tersebut dibuat oleh anggota tim grafis yang juga bekerja di BBC.

Meski begitu, masa ditanyai oleh jajaran pimpinan di BBC, Bashir berulang kali menyangkal telah memperlihatkan laporan palsu itu pada Earl Spencer.

Laporan analisis menuliskan bahwa Bashir “berbohong dan terus mempertahankan kebohongannya sampai ia menyadari kebohongan itu tidak dapat dilanjutkan lagi. Ini adalah tabiat paling tercela dan membuat keraguan besar atas kredibilitasnya secara umum”.

Keterangan gambar,

Lebih dari 20 juta orang menonton wawancara ini.

Apa kata keterangan itu tentang BBC?

BBC mendapatkan kritik keras pada laporan itu.

Setelah keberadaan rekening koran palsu itu dipublikasikan oleh surat informasi Mail pada Minggu, dalam awal 1996, penyelidikan internal menyatakan Bashir, program Pemandangan, dan BBC News tak bersalah.

Direktur pemberitaan dengan menginisiasi penyelidikan bilamana itu adalah Tony Hall, saat ini bergelar Lord Hall, dengan kemudian menjadi direktur jenderal BBC.

Meski begitu, Laporan Dyson mengatakan bahwa penyelidikan internal tersebut tidak penuh karena tidak mewawancarai Earl Spencer — sesuatu dengan disebut sebagai “kesalahan besar” oleh Dyson.

Dyson pula berkata penyelidikan terdahulu tak memperlakukan Bashir dengan “skeptisisme dan kewaspadaan yang diperlukan”, mengingat Bashir sebelumnya telah mengaku memalsukan rekening koran (sesuatu yang merupakan pelanggaran serius dari aturan BBC) dan tidak dapat menyerahkan “alasan yang masuk akal” mengapa dia melakukannya.

Masukan Dyson juga mengatakan BBC menutup-nutupi fakta tentang dengan jalan apa Bashir mendapatkan wawancara itu.

Dyson juga mengkritik BBC karena mengelak memberikan peryataan kepada pers, dan mengucapkan, “tanpa pembenaran, BBC telah gagal memenuhi standar perilaku dan transparansi yang adalah ciri khasnya”.

Bagaimana simpulan BBC atas laporan itu?

BBC mengatakan laporan itu memperlihatkan “kegagalan yang jelas” dan meskipun sekarang BBC telah menetapkan prosedur yang lebih baik, “aturan dengan ada di waktu itu seharusnya dapat mencegah ramah didapatkan dengan cara semacam itu.

“BBC seharusnya berusaha lebih keras untuk mengungkap apa yang sebenarnya berlaku kala itu dan lebih transparan tentang apa dengan mereka ketahui. ”

Martin Bashir telah meminta maaf atas rekening bank palsu — yang dikatakannya jadi “hal bodoh untuk dilakukan” — tetapi disebutnya tidak ada sangkut-paut dengan kesimpulan Putri Diana untuk akur diwawancarai olehnya.

Dalam suatu pernyataan, Lord Hall membenarkan kesalahannya telah “menganggap barang apa yang dikatakan [Martin Bashir] benar” pada masa itu.

Apa yang dikatakan Keluarga Kerajaan?

Pangeran William dan Pangeran Harry telah berbicara tentang rasa lara hati yang mereka rasakan akibat wawancara tersebut.

Pangeran William berkata bahwa Diana “dikecewakan bukan hanya sebab seorang reporter yang sungguh-sungguh batas, tapi juga oleh para pemimpin BBC dengan memilih melihat ke ajaran lain ketimbang mengajukan pertanyaan-pertanyaan keras”.

Keterangan gambar,

Pangeran Charles dan Dayang Diana menikah pada 1981.

William juga berkata wawancara tersebut memberi “kontribusi besar atas memburuknya hubungan orang tua saya”.

Pangeran Harry berceloteh bahwa “efek riak daripada budaya eksploitasi dan manifestasi tidak etis” pada akhirnya merenggut nyawa ibunya.

Bagaimana Putri Diana wafat dunia ?

Putri Diana adalah ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry.

Dia menikah dengan Pangeran Wales, pewaris takhta Kerajaan Inggris, pada Katedral St. Paul di London, pada 1981.

Bagian ini berpisah pada 1992 dan bercerai pada 1996.

Sang Putri meninggal dunia pada 1997, setelah mobil yang ia tumpangi menikmati kecelakaan di terowongan Pont de l’Alma di Paris.

Temannya, Dodi Al Fayed, dan sopir mereka, Henri Paul, juga meninggal dunia pada kecelakaan itu.

Pengawal Al Fayed, Trevor Rees-Jones, selamat.

Penyelidikan menunjukkan adanya kandungan 175 miligram alkohol per 100 mililiter dalam darah Paul, yang menurut hukum Prancis, melebihi batas yang diperbolehkan.

Saat dia mengebut untuk melarikan diri dari kejaran fotografer yang mengikuti mobil mereka, dia kehilangan kendali dan mobil menabrak ke pilar semen.