Hak atas foto Facebook
Image caption Breonna Taylor, 26 tahun adalah seorang tenaga medis

George Floyd, pria jangat hitam yang meninggal ketika ditangkap polisi di Amerika Serikat, sudah menjadi figur utama dalam pertunjukan menuntut kesetaraan dan keadilan, dengan menjadi aksi protes menentang rasisme terbesar sejak 1960an.

Pengunjuk rasa mengemukakan yel-yel namanya selama 13 hari terakhir dan mural wajahnya mempercantik tembok-tembok, mulai dari Suriah hingga Belfast.

Namun tanda lain yang juga disebut-sebut oleh para pengunjuk rasa adalah tanda Breonna Taylor, seorang tenaga medis perempuan yang ditembak hingga delapan kali oleh polisi yang menyelap ke apartemennya di Louisville, Kentucky pada 13 Maret lalu.

Para pelopor mendesak orang-orang mendukung gerakan “Say Her Name” atau “Sebut Namanya”, sebagai cara untuk mengenang para perempuan berkulit hitam yang tidak diperhatikan banyak orang, tak kaya kasus-kasus meninggalnya orang kulit hitam di tangan polisi yang lain.

Pada Jumat (05/06), atau hari ulang tahun Taylor ke-27, para pengunjuk rasa mengabulkan upacara peringatan kematiannya di Louisville dan orang-orang membagikan ucapan kembali tahun di media sosial, bertuliskan “Anda seharusnya ada di sini untuk merayakannya”.

“Awal mulanya sepi, tapi sangat menakjubkan melihat banyak karakter berdiri untuknya, hanya untuk membicarakan namanya, ujar ibunya, Tamika Palmer dalam acara peringatan tersebut.

Taylor akan turut dan dalam demonstrasi Black Lives Mater jika dia tidak tewas terbunuh, ujar ibunya kemudian.

Apa yang terjadi pada Breonna Taylor?

Kejadian tentang malam saat Taylor terbunuh hingga kini masih menjadi perbincangan.

Breonna Taylor, seorang teknisi medis berada di wadah tidurnya di apartemen yang terletak di Louisville ketika beberapa aparat polisi memasuki apartemennya, lepas tengah malam.

Dia wafat setelah ditembak sebanyak delapan kala.

Sah atas foto Getty Images
Image caption Dalam agenda peringatan Jumat lalu, ibu dari Breonna Taylor mengatakan putrinya akan ikut berdemo jika dia tak meninggal dunia

Mereka melakukan penggeledahan dalam apartemennya sebagai bagian dari analisis kasus narkoba. Tidak ada narkoba yang ditemukan di apartemen itu.

Media lokal mengadukan bahwa polisi melakukan aksi pemeriksaan “tanpa mengetuk”, membuat mereka bisa melakukan sergapan dengan masuk ke dalam rumah tanpa peringatan terlebih dulu.

Namun penjaga mengatakan mereka telah mengetuk pintu sebelum masuk ke apartemen Taylor, namun keluarga dan tetangganya membantah pernyataan polisi tersebut.

Kepolisian mendatangi alamat yang lupa, klaim gugatan kematian yang menyalahi hukum yang diajukan oleh keluarganya.

Taylor sedang terlelap dan pasangannya, Kenneth Walker, dengan memiliki izin kepemilikan senjata, langsung meraih pistolnya, menurut klaim gugatan itu.

Walker beriktikad bahwa petugas polisi memasuki apartemennya tanpa izin, dan dia melepaskan tembakan demi melindungi diri, ujar pengacaranya.

Walker lalu menelpon 911 dan mengatakan “sesorang menendang pintu dan menembak pasangan saya, ” menurut rekaman telpon yang dikeluarkan pekan lalu.

Kepolisian Louisville mengatakan itu balas menembak ketika salah satu anggotanya tertembak dan terluka dalam kejadian tersebut.

Hak atas foto EPA
Image caption Di praja New York City, para gaya medis turut serta dalam pertunjukan, sambil memegang spandung bertuliskan “jangan lukai” dan “rasisme adalah krisis kesehatan global”

Bagaimana status kasusnya?

Pada bulan Mei, rumpun Taylor mengajukan gugatan kematian dengan melanggar hukum, yang pada intinya menuding petugas kepolisian melakukan pemerasan, kematian yang melanggar hukum, gaya berlebihan, kelalaian, dan kelalaian gede.

Gugatan itu mengutarakan para petugas polisi bukannya mencari Taylor atau kekasihnya, tapi seorang tersangka yang tak berkaitan dengan mereka.

Kemudian diketahui bahwa tersangka itu sudah ditahan polisi dan tidak tinggal pada kompleks apartemen tersebut.

Penggeledahan polisi dilakukan polisi di apartemen Taylor karena pihak berkuasa meyakini seorang tersangka jaringan narkoba menggunakan apartemennya untuk menyembunyikan narkoba, menurut CNN.

Hak atas foto Getty Images
Image caption Orang-orang yang berunjuk rasa di Washington DC, Amerika Serikat

Pengacara puak Taylor, Ben Crump, menggambarkan kejadian itu sebagai “serangan polisi yang gagal”.

Investigasi kepada penyebab kematiannya dibuka oleh FBI pada 21 Mei sedang berlaku, menurut CNN.

3 petugas telah dikenai sanksi administratif, tapi tidak ada yang dituntut.

Apa yang telah berubah sejak kematiannya?

Dua anggota kepolisian yang mengikuti apartemen Taylor tidak memasang kamera di tubuhnya yang memungkinkan mereka untuk merekam insiden tersebut.

Kini, departemen kepolisian Louisville mengatakan semua anggotanya harus memakai kamera di tubuh mereka.

Hak tempat foto Getty Images
Image caption Pengunjuk rasa mengatakan nama Breonna Taylor tidak boleh dilupakan

Penggeledahan “tanpa-mengetuk” kini telah ditangguhkan untuk sementara waktu.

Kepala kepolisian Louisville dipecat lantaran jabatannya ketika didapati bahwa bagian kepolisian yang ada dalam penembakan fatal terhadap seorang pria jangat hitam dalam sebuah demonstrasi tak menyalakan kamera di tubuhnya.

Mengapa kisah Breonna Taylor bergema?

Orang-orang mengungkapkan kesedihan, ketakutan, dan kemarahan mereka tentang rasisme di AS sudah berbagi foto-foto Breonna Taylor dalam media sosial.

Lebih dari lima juta orang, tercatat penyanyi Janelle MonĂ¡e, telah menandatangani petisi menuntut keadilan.

Banyak yang menyoroti statistik tentang ketimpangan yang dialami oleh perempuan Amerika keturunan Afrika.

Hak atas foto Getty Images
Image caption Orang-orang berdemo di tiang yang baru saja dinamai Black Lives Matter di ibukota GANDAR, Washington DC

Perempuan kulit hitam tiga kali lebih mungkin meninggal sebab kehamilan, dibanding perempuan kulit putih, menurut according to the Centers for Disease Control.

Mereka juga menjadi korban perbedaan gaji yang signifikan – di 2017 perempuan kulit hitam cuma mendapat 61 sen untuk pada setiap 1 dollar Amerika yang diperoleh pria kulit putih, menuruta the Centre for American Progress.

Seiring dengan tuntutan hendak persamaan ras terus berlanjut, banyak orang yang menghendaki nama Breonna Taylor terus dikenang.