Hak arah foto Getty Images
Image caption Sejumlah rumah sakit di Kota New York melaporkan kekurangan alat kesehatan.

Negara Bagian New York di Amerika Serikat merekam rekor 630 orang meninggal negeri dalam sehari akibat Covid-19, jadi totalnya mencapai 3. 565 karakter. Sebagian besar korban berada dalam Kota New York.

Negara bagian itu kini mencatat terdapat 113. 000 orang terinfeksi virus corona—mendekati total kasus di Italia yang mencapai lebih dari 124. 000 urusan.

Gubernur Andrew Cuomo mengatakan jumlah kasus dapat memuncak antara empat hingga 14 hari.

“Sebagian dari diri saya ingin beruang di puncak dan mari kita hadapi. Namun ada sebagian lainnya dari diri saya yang mengutarakan baguslah kami tidak berada di puncak, karena kami belum siap, ” paparnya.

Cuomo mengaku negara bagiannya masih langsung mencari ventilator tambahan. Dia berterima kasih kepada China yang mengirimkan 1. 000 ventilator, yang dijadwalkan tiba pada Sabtu (04/04) masa setempat. Negara bagian Oregon hendak mengirim tambahan 140 perangkat itu, katanya.

Secara terbelah, Presiden AS Donald Trump mengucapkan dirinya telah meyakinkan Cuomo bahwa New York akan mendapat sumber daya yang diperlukan.

Akan tetapi, Trumo menegaskan bantuan federal akan difokuskan ke area-area yang paling parah terdampak Covid-19. “Sayangnya akan ada banyak maut. ”

AS saat ini mencatat lebih dari 300. 000 kasus positif corona dan lebih dari 8. 000 orang meninggal dunia akibat virus itu.

Di seluruh dunia, berdasarkan data Universitas Johns Hopkins di AS, lebih dari 60. 000 orang meninggal dunia dan lebih dari 1, 1 juta orang telah terinfeksi.

Apa yang terbaru di New York?

Negara bagian itu melaporkan terdapat 113. 833 kasus positif corona dan 63, 306 di antara mereka berada pada Kota New York.

Gubernur Andrew Cuomo mengatakan total kasus dan kematian kini menyusun pada laju yang lebih lamban di Kota New York, tetapi ada kekhawatiran peningkatan jumlah peristiwa di Long Island dekat tanah air tersebut.

Cuomo memasukkan, Rumah Sakit Javits Center yang memiliki 2. 500 ranjang pada Manhattan akan dilengkapi dengan staf dan peralatan dari pemerintah sentral.

Sebanyak 85. 000 orang, sekitar seperempatnya dari negara bagian lain, sepakat bergabung buat membantu penanganan dampak wabah di New York.

Hak atas foto Getty Images
Image caption Negara Bagian New York merupakan pusat wabah virus corona pada AS.

Wali Kota New York sudah mengirim pesan kepada delapan juta penduduknya, memohon agar para kesehatan menjadi relawan.

“Semua orang yang belum terlibat di dalam pertarungan ini, kami perlu Anda, ” kata Bill de Blasio, yang memohon bantuan dari “setiap tenaga medis profesional: dokter, perawat, terapis, dan sebagainya”.

De Blasio memperkirakan kota tersebut perlu tambahan 45. 000 pekerja medis untuk membantu penanganan efek wabah virus corona pada April dan Mei.

Sebelumnya, dia mendesak para warga untuk memakai masker—”bisa juga kain atau sesuatu yang Anda buat sendiri, bandana” ketika keluar rumah.

GEJALA serta PENANGANAN: Covid-19: Demam dan batuk darah kering terus menerus

TIPS TERLINDUNG DARI COVID-19: Sejak cuci tangan sampai jaga ruang

PETA dan INFOGRAFIS: Gambaran pasien yang terinfeksi, wafat dan sembuh di Indonesia dan dunia

VAKSIN: Seberapa cepat vaksin Covid-19 tersedia?

Apa dengan dikatakan Presiden Trump dalam jumpa pers?

Berbicara di Gedung Putih pada Sabtu (04/04) waktu setempat, Presiden Trump memberikan penilaiannya mengenai apa yang hendak terjadi di AS dalam pekan-pekan mendatang.

Trump mengatakan pekan depan “mungkin menjadi yang tersulit” seraya memperingatkan warga Amerika untuk bersiap atas “banyak kematian”.

Untuk mendukung negara-negara bagian dalam menghadapi Covid-19, Trump menegaskan pemerintahannya akan mengerahkan “militer dalam jumlah luar biasa, ribuan serdadu, pekerja medis, para profesional”.

Para personel militer hendak “segera” mendapat arahan tugas itu, kata Trump. Dia menambahkan, “1. 000 personel militer” akan dikerahkan ke Kota New York.

Hak pada foto Getty Images

Trump juga membahas keputusannya menggunakan Undang-Undang Produksi Pertahanan—sebuah produk hukum yang dibuat pada era Perang Korea yang memberikan wewenang kepada presiden untuk mengendalikan produk dan pasokan produk medis sintetis AS.

Dia mengutarakan dirinya “sangat kecewa” dengan 3M, perusahaan AS pembuat masker. Menurutnya, perusahaan itu “seharusnya mengurus negeri kita” bukannya menjual produk ke pihak lain.

Hendak tetapi dia menola tuduhan bahwa AS melakukan “pembajakan modern” dengan mengalihkan pengiriman 200. 000 kedok yang sudah dipesan Jerman & tengah menuju Berlin untuk dipakai oleh AS.

Soal pertanyaan pelonggaran pembatasan jarak tenteram, Trump mengulangi pesannya.

“Kami perlu membuka negara awak, ” kata Trump tanpa memberikan batas waktu yang jelas. “Obatnya tidak lebih buruk dari masalahnya itu sendiri”.

Dengan jalan apa dengan negara lain?

  • Inggris mencatat rekor moralitas dalam sehari akibat virus corona, 708 orang. Namun, jumlah orang yang positif virus corona mendarat. Total pasien yang meninggal di rumah sakit telah mencapai 4, 313 orang.
  • Carrie Symonds, tunangan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, dengan tengah hamil, mengaku dirinya telah menghabiskan beberapa hari di tempat tidur dengan gejala virus corona. Pekan lalu, Boris Johnson terjamin positif mengidap virus corona serta menggelar rapat kabinet menggunakan panggilan video.
  • PM Spanyol, Pedro Sanchez, mengutarakan negaranya “hampir melampaui puncak infeksi” ketika jumlah kematian akibat virus corona menurun dalam dua hari berturut-turut. 809 kematian dalam sehari adalah yang terendah di Spanyol dalam sepekan.
  • Italia mencatat penurunan pertama jumlah pasien di unit jaga intensif selama wabah virus corona melanda. Jumlah terbaru pasien wafat dunia, 681 orang, menambah angka kematian total sebanyak 15. 362 orang.